Rabu, 25 Mei 2016

SITUS TALANG KIKIM



Situs Talang Kikim 

            Situs Talang Kikim terletak disebelah barat laut situs Bukit Siguntang,berjarak kurang lebih 1,5 km. Termasuk wilayah Kelurahan Bukitlama  Kecamatan Ilir Barat I Palembang.  Situs ini sebagian besar berupa daerah rawa,dan sebagian lagi sudah menjadi lahan pertanian. Membelah daerah rawa terdapat Sungai Kikim  yang bermuara ke sungai Lambidaro, dan akhirnya bermuara di Sungai Musi.
            Di derah rawa-rawa yang cukup luas itu banyak ditemukan pecahan keramik dari berbagai ukuran dan bentuk, terutama di tengah desa Talang Kikim. Konsentrasi temuan keramik itu cukup padat dengan jumlah temuan sebanyak 50 pecahan dari berbagai ukuran, pada setiap meter persegi lahan. Bedasarkan analisis bentuk dan pertangglannya,dapat diketahui pecahan keramik itu sebagian besar berasal dari bentuk tempayan diekspor secara besar-besaran oleh Cina.
            Kepadatan temuan keramik di derah Talang Kikim menunjukan bahwa lokasi itu dulunya merupakan daerah permukiman Kuno, mungkin masyarakatnya tinggal dirumah kayu yang didirikan diatas raw-rawa. Sungai Kikim yang mengalir di situ merupakan jalur transportasi ait dari tanah ke arah Sungai Musi. Petunjuk adanya permukiman kuno di daerah ini ditemukan pecahan-pecahan keramik Lung-quan, keramik sawaankhalok, dan keramik hijau jaman Song dan Yuan, keramik putih asal vietnam, keramik sawankhalok, dan keramik Ming. Disampinf itu ditemukan juga tinggak-tonggak-tonggak kayu yamg merupakan sisa tiang rumah tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar