Rabu, 25 Mei 2016

SITUS TALANG TUO



Situs Talang Tuo

               Situs Talang Tuo terletak di suatu daratan yang berbukit – bukit dan berlembah yang tidak terlalu dalam . didaar lembah mengalir sebatang sungai kecil merupakan hulu sungai sekanak dan lambidaro. Secara administratif situs ini terletak di desa Talang Tuo , kecamatan Talang Kelapa , arah barat laut pusat kota Palembang.
            Di situs tersebut pada tanggal 20 november 1920 di temukan prasasti batu oleh westenenk(residen palembang saat itu), yang kemudian di beri nama prasasti Talang Tuo. Teks prasasti terdiri dari 14 baris , dalam bahasa melayu kuno dan aksara pallawa. Prasasti ini di keluarkan setelah dua tahun dapunta hyang membangun perkampungan   di tepi sebelah utara sebela Sungai Musi.prasasti tentang pembanguan taman Sriksetra ini belum diketahui di ketahui maksudnya tetapi di lhat dari lokasi dan apa saja yang di bangun dalam taman itu, di perkirakan pembangunan taman adalah untuk kesejahteraan semua makluk . pembangaun bendungan dan kolam mungkin di maksudkan penyediaan  air bersih, yang dialirkan melalui Sekanak menujuk kota Sriwijaya, yang lokasinya di kota palembang sekarang. Pohon-pohon yang ditanam diTaman sriksetra dimaksdukan untuk penenduh dan penahan air agar hujan tidak terjadi erosi, mengingat daerah Talang Tuo adalah daerah yang tinggi.
            Prasasti Talang Tuo menyebutkan bahwa ditaman tersebut ditanam berbagi jenis tumbuhan, atara lain lain dari familia palmea dan graminae. Disamping  itu juga tumbuhan paku-pakuan saprofit dari familia,Lycopodiaceae dan sebagianya.bukti-bukti tersebut ditemukan berdasarkan analisis terhadap serbuk sari  (pollen analysis) yang mengedap dalam tanah Sitis Talang Tuo.

1 komentar: